Hartamu, harta mereka yang membutuhkan

Umi termasuk sosok yang ga tegaan liat orang lain susah, bahkan dulu waktu beliau masih menjadi dosen di Malang ia kerap membawa pulang barang-barang yang menurutku itu barang ga penting, seperti kipas rotan, kerupuk, hiasan, buah yang terkadang sudah jelek kualitasnya dll.

Jika ditanya mengapa beli semua itu, jawabnya karna ga tega liat penjualnya yang sudah sepuh dan dagangannya belum laku banyak sedari pagi.

Kemudian kemarin 21-02-2019 selepas umi menjemputku pulang karna sakit ia berkata padaku agak membisik "saaken bapak bapak iku" kemudian langsung saja mampir ke penjual gorengan yang kebetulan ada di sebelah kita.

Lantas kembali dalam keadaan tangan kanannya membawa sekantong plastik yang berisi gorengan dan tangan kirinya menggenggam botol mineral berukuran sedang.

Aku hanya melihatnya melakukan hal mulia itu dan spontan kuambil hp di saku untuk mengambil momen tersebut, kemudian umi kembali dan bilang padaku

"Bapak itu gangguan mungkin karna stres berat itu cung"

"Lanopo to mik"

"Tadi umik liat itu bapak itu mengisyaratkan minta makan dengan tangannya, pas umi kasih gorengan mulutnya tak henti hentinya melantunkan sholawatan dengan nada nada gitu. Kasian liatnya"

Sedari aku masih kecil umi memang sudah mengajarkan berbagi dengan memperlihatkan padaku secara langsung, dan Alhamdulillah hal itu cukup mempengaruhi pribadi seorang Haidar hingga sekarang.

Hal tentang bebagi juga sudah dibahas Al - Quran di berbagai surat dan diantaranya ialah yang paling populer
آَمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَالَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. Al Hadiid: 7)

Aku sungguh bersyukur memiliki umi seperti beliau yang menurutku ialah sosok bunda paling sempurna, kalian juga pasti begitu jika tidak maka ada yang salah dengan cintamu kepada ibu kalian masing - masing.

         * Makasih umi... *

FOTO INI BUKAN BERMAKSUD RIYA, TAPI HANYA SEKEDAR SHARING CERITA

Komentar

Postingan Populer